apa itu kamera dslr dan slr


Perbedaan Kamera DSLR dan SLR, Kelebihan dan Kekurangannya


Apa Saja Perbedaan Kamera DSLR dan SLR, Kelebihan dan Kekurangannya?




Fleksibilitas


Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh jikalau Anda membeli sebuah kamera tipe DSLR, salah satu kelebihannya adalah fleksibilitas. Kamera dengan jenis DSLR jauh lebih fleksibel terutama untuk pertukaran berbagai variasi lensa. Setidaknya ada banyak macam lensa yang bisa kita gunakan pada kamera jenis DSLR. Sedangkan untuk kamera SLR, jensi kamera ini memakai film yang memungkinkannya untuk bisa menangakp cahaya dengan sangat baik lantas menerjemahkan warnanya dengan baik pula, bahkan teknologi yang dimiliki pada versi digital sekali pun belum mampu mengalahkan media film untuk proses penangkapan cahaya serta penerjemahan warna.


Kualitas Gambar


Kamera SLR adalah jenis kamera yang memakai jalur tunggal untuk dapat melewatkan cahaya pada dua tempat di foacal plane serta viewfinder. Dengan menggunakan teknik ini, para fotografer memiliki kemungkinan untuk melihat objek kamera yang sama persis dengan objek aslinya. Kondisi ini tentu saja berbeda dari kamera non SLR yang pandangannya terlihat pada viewfinder dapat jadi berbeda dengan gambar yang ditangkap oleh film karena memakai jajaran lensa yang ganda. Sedangkan untuk kamera digital SLR (DSLR) kualitas gambarnya pun cukup baik karena memakai kamera digital single-lens refleks sehingga bisa menghasilkan gambar terbaik bahkan ketika keduanya memiliki total yang sama MP-nya.

Kinerja


Banyak orang yang hobi kamera namun sampai saat ini belum memahami dengan cukup baik apa saja perbedaan kamera DSLR dan SLR, kelebihan dan kekurangannya, padahal memahami ini semua sangatlah diperlukan, untuk mengetahui kepekaan Anda tentang jenis-jenis kamera dan mengetahui apa jenis kamera yang paling cocok untuk digunakan sehari-hari atau sekali-kali. Kamera DSLR memakai mechanical mirror system seta pentaprisme yang memungkinkan pengguna untuk mengarahkan cahaya secara langsung menuju ke optical viewfinder yang ada di kamera. Dengan memakai gabungan di antara teknologi digital dan lensa tunggal, tentunya kamera DSLR akan lebih mudah dan cepat dalam proses pemakaiannya. Sedangkan SLR memiliki lebih banyak variasi optical lahir dan ada beberapa rekayasa dari optical yang tidak mampu dilakukan oleh media digital.

Upgradable


Mengingat jenis kamera yang populer di dunia, maka Anda perlu memahami dengan cukup baik setidaknya perbedaan dari 2 jenis kamera, perbedaan kamera DSLR dan SLR, kelebihan dan kekurangannya apa saja. Untuk masalah updgradable, kamera DSLR bisa dipakai selama bertahun-tahun Anda tidak akan pernah merasakan ketinggalan zaman selama memakai kamera ini karena kamera DSLR bisa diupgrade dengan sangat mudah, selain itu ada banyak sekali aksesori yang bisa Anda beli untuk upgrade bisa ditemukan di toko kamera lokal atau luar negeri. Sedangkan kamera SLR merupakan jenis kamera yang telah eksis sejak sangat lama, dari dahulu sudah sering digunakan dan masih memakai sistem analog serta roll film.

Harga


Bicara mengenai produk, tentu tidak akan pernah lupa tentang harganya, tiap produk dijual dengan harga yang bervariasi, ada yang dijual dengan harga yang sangat murah, ada pula yang dijual dengan harga super mahal. Dan untuk kedua jenis kamera ini, harga jualnya sangat bervariasi, tergantung pula dengan merk kameranya. Kamera SLR memiliki desain dan tingkat kepraktisan yang lebih rendah daripada kamera DSLR, kamera ini dinilai jauh lebih praktis karena bisa menunjukkan hasil jepretan langsung. Harga dari kamera DLSR dan SLR pun sangat bervariasi, tergantung dari spesifikasi serta fitur produknya sendiri. Dengan harga sekitar 3 jutaan, Anda sudah bisa membeli kamera yang cukup berkualitas, baik itu jenis SLR atau DSLR. Namun, bila Anda mencari kamera yang lebih mahal, maka Anda perlu mengeluarkan modal yang jauh lebih besar.

Komentar

Postingan Populer