Pengertian CPU Dan Fungsi CPU Pada Komputer (Central Processing Unit)


Pengertian CPU - CPU adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam sebuah perangkat komputer. Dimana fungsi CPU pada komputer merupakan pusat pemerosesan data yang diinput ke dalam komputer.

Central Processing Unit atau yang disingkat CPU, adalah salah satu bagian terpenting, yang harus ada pada sebuah perangkat komputer atau laptop. Jika komponen penting dalam komputer ini mengalami masalah, maka komputer tidak akan bisa dioperasikan sebagaiman mestinya.

Hal ini dikarenakan fungsi CPU yang memiliki peranan penting dalam pengoperasian komputer, memiliki fungsi untuk memperoses semua data yang dimasukan ke dalam komputer. Untuk selanjutnya data tersebut dikeluarkan dalam bentuk data output.



Fungsi CPU Pada Komputer
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa CPU berfungsi untuk mengolah dan memperoses data. Dimana ketika seorang operator memasukan data input ke dalam komputer, maka CPU akan bekerja untuk mengolah data tersebut. Operator bisa menyesuaikan, informasi seperti apa yang ingin dia dapatkan dari pengolahan data pada CPU tersebut.


Apabila semua data sudah selesai diperoses oleh CPU, kemudian operator dapat menyimpan data tersebut ke dalam hardisk. Pengertian hardisk sendiri adalah sebuah perangkat keras atau hardware, yang juga terdapat di dalam komputer, yang berfungsi untuk menyimpan data hasil olahan CPU secara permanen.

Berbeda dengan pengertian RAM yang hanya bisa menyimpan data secara random atau acak. Bisa dibilang RAM adalah hardware komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara sementara, sebelum data tersebut disimpan secara permanen di dalam hardisk.

Jenis-Jenis CPU atau Processor Yang Sudah Diproduksi
Selama ini salah satu produsen prosesor yang sangat terkenal yakni Intel, sudah berhasil menciptakan dan mengembangkan chipset posesor komputer dengan sangat baik. Jenis prosesor yang telah mereka produksi juga sudah cukup banyak.
Jenis-jenis processor Intel yang sudah diciptakan selama ini antara lain adalah:

Intel Pentium
Intel Dual Core
Intel Core 2 Duo
Intel Core 2 Quad
Intel Core i3
Intel Core i5
Intel Core i7

Selain Intel, produsen prosesor lain yang juga telah berhasil menciptakan serta mengembangkan chip processor adalah AMD. Adapun daftar processor AMD yang telah diproduksi adalah sebagai berikut.

AMD Athlon
AMD Phenom
AMD Ryzen
AMD Sempron
AMD FX
AMD A-Series

Itulah jenis-jenis prosesor yang telah diproduksi oleh Intel dan juga AMD. Masing-masing dari jenis processor buatan mereka, sudah di kembangkan menjadi seri-serilainya, dengan kecepatan clockspeed yang berbeda-beda.

Selain fungsi CPU yang berguna untuk mengolah dan memperoses data masukan. CPU komputer sendiri juga memiliki 5 buah unit struktur dasar, yang juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Unit Masukan (Input Unit)
Unit Kontrol (Control Unit)
Unit Logika dan Aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
Unit keluaran (Output Unit)
Itulah pengertian CPU secara umum, yang mungkin bisa bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi pembaca secara umumnya. Selain artikel pengertian CPU ini, kamu juga bisa baca artikel pengertian komputer, serta artikel pengertian hardware dan software pada blog ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer